Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Posted on

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

Kalau jaman dulu berjualan kopi, hanya melalui warung kecil, ada juga yang menggunakan sepeda ontel keliling kampung dan cara tradisional lainnya.

Tapi berbeda dengan jaman sekarang. Seiring berkembangnya teknologi modern dan juga Sumber Daya Manusia (SDM) yang meningkat.

Berjualan kopi menjadi salah satu pekerjaan yang menarik dan juga lumayan banyak peminatnya.

Jadi tak heran ya kalau di jaman sekarang, berjualan kopi sangat laris manis karena banyak disukai oleh semua kalangan masyarakat.

Dari kalangan menengah bawah hingga menengah atas. Kopi yang awalnya murah meriah sekitar 2.000-5.000 rupiah, kini bisa jadi 10.000-50.000 bahkan lebih. Sesuai dengan teknik barista yang kamu kuasai.

Kamu bisa mengubah harga kopi jadi meningkat. Alias disesuaikan dengan rasa dan kualitas.

Bisnis warung kopi juga banyak diminati dan digeluti oleh para pengusaha kecil, pengusaha menengah, maupun pengusaha besar. Sehingga pada akhirnya persaingan bisnis warung kopi pun semakin ketat.

Pengusaha kopi terus berlomba-lomba untuk menciptakan rasa kopi yang unik, enak dan nikmat. Inovasi-inovasi baru pada rasa kopi membuat para penikmat kopi menjadi penasaran dan ingin mencobanya. Sebisa mungkin ciptakanlah sensasi kopi yang nikmat, agar nanti kopi yang dipasarkan beda dari yang lainnya.

Penjelasan Kopi, Jenis-jenis, dan Manfaatnya

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi
Penjelasan, jenis, dan manfaat kopi

Sebelum membahas jauh tentang Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi, alangkah baiknya jika kita mempelajari sedikit tentang kopi.

Pengertian Kopi

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk kopi. Kemudian bisa diseduh dengan air panas atau dingin dan kopi sudah bisa dinikmati.

Kini kopi bukan hanya menjadi kesukaan orang dewasa tetapi juga anak muda. Disinilah letak peluang usaha yang harus kita manfaatkan dengan baik dan tepat sasaran.

Jenis-jenis Kopi

  1. Espresso adalah kopi yang sering dijumpai dikedai-kedai biasanya. Warnanya yang hitam pekat dan aromanya yang sangat kuat.
  2. Americano merupakan jenis campuran kopi espresso dan air panas.
  3. Cappucino merupakan kopi yang dibuat dengan campuran espresso ditambah susu dan juga busa susu.
  4. Latte merupakan jenis kopi yang tidak berbeda jauh dengan cappuccino namun perbedaannya terletak pada takaran kopi espresso dan susunya.
  5. Moccahino adalah kopi yang terdiri dari campuran kopi espresso, susu, dan coklat.
  6. Red Eye/Black Eye merupakan kopi yang didapatkan dari campuran kopi espresso dan kopi hitam.
  7. Affogatto merupakan jenis kopi modern, bisa dibilang seperti itu mengapa ? karena dapat disajikan berbeda dari yang lainnya. Terdiri dari es krim dan satu shot espresso, lalu espresso itu dituangkan kedalam es krim.

Manfaat Kopi

  1. Meningkatkan fungsi otak dan memperbaiki mood.
  2. Memaksimalkan fungsi saraf dan menambah energi.
  3. Meredakan sakit kepala.
  4. Mengencangkan kulit dan menghilangkan mata panda.
  5. Menjaga kesuburan rambut.
  6. Menahan kantuk, namun tergantung jenis kopi apa yang dikonsumsi.
  7. Mengangkat sel kulit mati, dll.

Untuk mengetahui dan mempelajarinya lebih lanjut kamu bisa kunjungi artikel Tentang Kopi.

Pengertian Barista

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi
Pelatihan barista itu apa?

Barista adalah pekerjaan yang membuat dan menyajikan kopi yang berbasis espresso kepada pelanggan. Tak hanya soal membuat kopi agar terasa nikmat. Tetapi barista juga harus sekreatif mungkin membuat tampilan kopi, agar menarik perhatian calon pembeli.

Jadi sebelum kamu menjadi seorang barista yang handal, kamu bisa berinovasi, perlu mengetahui dan mempelajari hal-hal dasar apa saja yang menjadi pondasi sebagai seorang barista. Barista handal yang mampu meracik, mengolah dan menyajikan berbagai jenis kopi.

Cara Menjadi Seorang Barista

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi
Cara Menjadi Barista Handal

Lalu bagaimana caranya, jika kita ingin menjadi seorang barista yang handal dan punya usaha warung kopi sendiri?

Menjadi seorang barista tidak semudah yang kamu bayangkan. Jangan kamu kira hanya menuangkan bubuk kopi di gelas kemudian tuangkan air panas, diaduk, lalu jadi. Jelas tidak semudah itu ya.

Beberapa hal yang harus kamu kuasai untuk menjadi seorang barista :

  1. Memahami jenis kopi dan karakter bentuknya.
  2. Mengerti alat-alat yang digunakan untuk mengolah kopi.
  3. Menyeduh kopi dengan sepenuh hati.
  4. Menyajikan secangkir kopi dengan nikmat.
  5. Mampu menampilkan secangkir kopi yang unik dan menarik untuk pelanggan.

Supaya kamu mempunyai bekal cukup untuk menjadi seorang barista. Kamu bisa pelajari hal-hal dasarnya dari internet, seperti artikel, konten youtube atau bahkan di media informasi lainnya. Kamu bisa latihan sendiri, belajar dengan teman barista ataupun magang ditempat kopi. Tetapi jika kamu membutuhkan materi dan pelajaran yang terarah dan kamu dapat dengan mudah memahaminya. Saran saya kamu perlu mengikuti Pelatihan Barista atau Kelas Barista. Salah satu kelas barista yang recomended yaitu Pelatihan Barista bersama Bencoolen Coffe.

Pelatihan Barista Melalui Kartu Prakerja

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi
Pelatihan Barista melalui Kartu Prakerja

Semenjak pandemi ini berlangsung pemerintah telah mengeluarkan program baru yakni Kartu Prakerja. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang di PHK ataupun yang baru lulus sekolah dan belum mempunyai pekerjaan. Dengan adanya program ini pemerintah bekerjasama dengan pengusaha-pengusaha untuk membangkitkan perekonomian rakyat.

Kartu Prakerja

Berikut sedikit penjelasan mengenai kartu prakerja.

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya dari pemerintah yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi diri. Yang ditujukan untuk orang yang sudah berumur 18 ke atas atau yang sudah memiliki KTP.

Kamu bisa dapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan ini. Dengan cara mendaftarkan diri kamu ke website resmi Kartu Prakerja

Pelatihan Barista bersama Bencoolen Coffe

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi
Pelatihan Barista bersama Bencoolen Coffe

Bencoolen Coffe

The BENCOOLEN Coffee merupakan brand perusahaan yang didirikan untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan petani kopi di Indonesia.

Kemitraan usaha kopi ini membantu pemerintah dalam mengembangkan dan mengelola kopi dari hulu ke hilir dan membuatnya lebih mudah bagi pemerintah untuk mengontrol hasil perkebunan kopi.

The BENCOOLEN Coffee mengelola kopi berkualitas dan jujur untuk menarik konsumen yang akan membeli kopi petani sesuai dengan mekanisme yang dikelola oleh The BENCOOLEN Coffee.

Bencoolen Coffe bekerja sama dengan program pemerintah yaitu Program Kartu Prakerja. Maka dari itu Bencoolen Coffe memberikan kesempatan kepada kamu untuk mengikuti pelatihan barista ini.

Jika kamu salah satu orang yang beruntung mendapatkan Kartu Prakerja dari pemerintah. Jangan di sia-siakan hal itu, segera daftarkan diri kamu untuk ikut pelatihan barista bersama Bencoolen Coffe.

Bencoolen Coffe Kini Hadir dan siap menjadi salah satu tempat pelatihan barista, untuk kamu yang ingin mengembangkan usaha warung kopi atau baru saja akan memulainya. Bencoolen coffe membuka pelatihan khususnya di bidang kopi. Jadi untuk kamu yang ingin menjadi agen kopi di kotamu, cara memasarkan kopi dan juga untuk kamu yang ingin menjadi seorang barista handal, kamu bisa ikut bergabung.

Manfaat dari pelatihan ini adalah kamu mendapat pengetahuan yang dalam mengenai seluk beluk kopi, memahami kebutuhan barista, menjadi barista yang profesional.

Usaha Warung Kopi

Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi
Usaha Warung Kopi

Jika kamu ingin membuka sebuah usaha warung kopi, tak cukup hanya niat dan modal usaha yang diperlukan. Tetapi juga kesungguhan untuk memulai bisnis ini. Biar makin sungguh-sungguh dan pede dalam membuka usaha warung kopi, ada baiknya kamu daftar kartu prakerja dan ikut pelatihan barista bareng Bencoolen Coffe.

Setelah kamu mendapatkan ilmu pengetahuan yang dalam mengenai kopi dan juga telah mempelajari trik-trik menjadi seorang barista di pelatihan itu. Kini saatnya kamu memanfaatkan semua pengetahuan dan kemampuan yang telah kamu dapatkan. Dengan cara membuka Usaha Warung Kopi dan membuka peluang pekerjaan untuk orang lain.

Usaha warung kopi kekinian telah menjadi salah satu trend usaha baru. Dimana kamu dapat berinovasi dalm menciptakan sebuah rasa kopi yang enak dan nikmat. Tak hanya soal rasa, tempat kopi pun menjadi salah satu point penting yang mempengaruhi perkembangan usaha warung kopimu.

Jadi rasa kopi, sang barista, dan juga tempat ngopi adalah satu kesatuan yang utuh dalam sebuah usaha warung kopi. Dimana satu dengan yang lainnya sangat berpengaruh.

Strategi dalam Membangun sebuah Usaha Warung Kopi

Pelatihan Barista
Strategi Bisnis Untuk Usaha Warung Kopi

Usaha Warung Kopi atau Coffe Shop dapat menghasilkan omset yang besar dan lumayan apabila kamu menerapkan beberapa strategi dalam usahamu. Diantaranya adalah,

1. Perhatikan Kualitas Kopi

Salah satu cara untuk meningkatkan omsetmu adalah dengan cara memperbaiki kualitas kopi yang kamu jual. Semakin bagus kualitasnya kamu pun dapat mengambil keuntung lan lebih dari penjualan kopi tersebut. Kamu harus bisa memikat calon pembelimu dengan citarasa dan aroma dari kopimu. Jika kualitas kopi sudah memuaskan maka pelanggan pun tidak keberatan jika harus membayar lebih, harga kopinya.

2. Lokasi warung/ Tempat Ngopi yang Asik

Pastikan lokasi warungmu berada di tempat yang pass. Contohnya seperti pinggir jalan, dan di tengah kota. Intinya carilah tempat berjualan yang lokasinya mudah di temukan oleh orang. Tempat ngopi/ nongkrong menjadi salah satu strategi pemasaran yang harus kamu perhatikan ya. Semakin menarik dan nyaman tempat ngopimu, maka akan semakin banyak pula pelanggan yang berdatangan ke warung kamu. Apalagi kalau tempat ngopinya instagrammable banget pembeli bakalan betah. Dan memungkinkan pelanggan untuk REPEAT ORDER/ Order Kembali. Buatlah kesan yang bagus untuk para pelanggan yang berkunjung ke warungmu.

3. Kepuasan Para Pelanggan

Ramah terhadap pelanggan merupakan faktor penyebab kepuasan para pelanggan loh. Jangan sampai kamu menyambut pelangganmu dengan raut muka yang tidak ramah ya. Kamu harus bisa membuat pelangganmu merasakan kenyamanan saat berada di kedaimu. Dari awal masuk hingga tetes kopi terakhir, konsumen harus bisa merasakan keunikan dan kenyamanan di kedai kopi mu itu.

4. Eksistensi di Media Sosial

Yang dimaksud eksistensi disini adalah, kamu bisa memanfaatkan media sosial juga untuk memasarkan produkmu. Dengan begitu kamu lebih mudah untuk memasarkan produk. Dan jika perlu, kamu bisa memasang iklan di sosmed agar semakin banyak orang yang tau kedai kopimu, dan tertarik untuk membelinya. Rutin mempostinglah hal-hal mengenai kopi. Kalau bisa adakanlah kuis atau give away voucher kopi, agar semakin banyak yang tertarik. Pokoknya buatlah sosmed jualanmu itu sebagus dan semenarik mungkin. Lakukan cara-cara lainnya untuk meningkatkan followers.

5. Berikan Promo di setiap Momen atau hari tertentu

Siapa sih yang gak suka diskon/ promo, apalagi kalau ada promonya buy one get one. Pasti akan banyak sekali peminatnya, namun jangan salah kaprah dengan penggunaan kata diskon/ promo ya. Jangan terlalu murah dalam memberikan promo kepada pelanggan, perhatikan juga resikonya, jangan sampai kamu jual rugi kopi itu. Berikan diskon sewajarnya. Tapi kamu bisa melakukannya ketika usahamu sudah mulai berkembang dan sudah mencapai target atau bahkan lebih.

Menjadi barista handal dan bisa menjadi pengusaha kopi yang sukses, bukankah impian mu ? Segera gunakan kartu prakerja mu untuk ikut pelatihan barista bersama Bencoolen Coffe.

Gravatar Image
Selangkah Lebih Maju.

7 thoughts on “Pelatihan Barista dan Usaha Warung Kopi

  1. Artikelnya keren, informasinya kekinian. Semoga banyak orang terbantu dengan informasi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *